Kamis, 12 Mei 2016

Mengenal Jenis Generator Set atau Genset

Di zaman modern seperti sekarang ini, hampir semuanya dijalankan oleh listrik. Rumah tangga ataupun industri, keduanya sama-sama mengandalkan listrik untuk bisa melakukan pekerjaannya.

Belakangan ini sering terjadi adanya masalah pemadaman listrik secara tiba-tiba. Masalah tersebut tentunya sangat mengganggu pekerjaan yang mana seharusnya dapat terselesaikan pada saat itu. Belum lagi adanya kerugian keuangan yang diakibatkan karena pemadaman tersebut.

Untuk menghindari bermacam gangguan yang kita lakukan dengan mengandalkan energi listrik, genset atau generator set merupakan solusinya.

Genset adalah mesin yang bisa mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Bisa disebut dengan “Generator Set” dikarenakan di dalamnya ada perpaduan dua jenis perangkat yang berbeda yakni Mesin dan Generator. Mesin pada perangkat ini mempunyai fungsi sebagai pemutar dari generator itu sendiri, sehingga bisa menghasilkan induksi elektromagnetik yang di hasilkan dari perangkat generatornya.

Sekadar informasi, untuk membeli genset sebaiknya kunjungi Ralali.com. Di ralali.com jual genset murah sangat lengkap dan berkualitas terbaik dengan beragam pilihan jenis dan merek. Ralali.com merupakan tempat terbaik membeli genset untuk memenuhi kebutuhan industri.

Dalam memilih genset ini tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasilnya memuaskan dan tidak menyesal di kemudian hari. Berikut ulasannya.

1. Perhatikan Kebutuhan Listrik
Sebelum membeli genset, perhatikanlah terlebih dahulu kebutuhan listrik pada rumah, kantor dan lainnya yang mana genset ini akan digunakan. Hitunglah berapa jumlah watt yang diperlukan serta berapa KWh daya listrik yang dimiliki, dengan demikian kita bisa memilih genset dengan output daya yang lebih besar dari jumlah konsumsi daya listrik yang dibutuhkan.

2. Pilihlah Genset dengan Bahan Bakar yang Mudah Dicari
Genset tersedia dalam bermacam jenis, bahan bakar yang digunakannya pun berbeda-beda, ada genset berbahan bakar bensin, Genset Diesel dengan bahan bakar solar, dan genset dengan bahan bakar bensin campur. Jika dirasa kesulitan dalam mendapatkan solar, maka pilihlah genset berbahan bakar bensin, sehingga memudahkan kita tanpa harus bersusah-payah mencari bahan bakar tersebut.

3. Pilih Genset yang pengoperasiannya Mudah
Bagi yang masih bingung mengenai bagaimana cara mengoperasikan genset, sebaiknya pilih jenis genset yang mudah dioperasikan sehingga sehingga tidak kesulitan sewaktu menghidupkan dan juga mematikannya tanpa harus meminta bantuan orang lain. Dalam membeli genset, sebaiknya tanyakan dahulu kepada penjual genset tersebut mengenai bagaimana cara menghidupkan dan mematikannya.

4. Pilih Genset Silent atau Genset Soundproof
Genset Silent atau Genset Soundproof mempunyai suara yang lembut dan tidak begitu keras, sehingga tidak akan mengganggu kita sewaktu genset ini dihidupkan. Namun, harga genset jenis ini lebih mahal dari pada genset biasa atau genset open, dan ukurannya pun lebih besar.(*)

Baca selengkapnya di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar