Industri kosmetik
merupakan industri dengan pertumbuhan yang cukup stabil dalam lima
tahun terakhir, ditopang besarnya konsumen kelas menengah di Indonesia.
Meski perekonomian negeri ini melambat dalam dua tahun terakhir,
industri kosmetik cenderung dapat berinovasi dan survive dengan grwoth
yang positif.
Untuk merekam pertumbuhan, peta persaingan, serta prospek industri kosmetik di Indonesia, duniaindustri.com memiliki sedikitnya dua data dan riset pasar kosmetik. Simak berikut ulasannya:
1. Riset Pasar dan Data Outlook Kosmetik 2009-2017 (Top 10 Perusahaan Kosmetik di Indonesia)
2. Riset Pasar dan Analisis Industri Kosmetik (Tren Pertumbuhan dan 5 Merek Paling Laris)
3. Data Pasar Kosmetik Indonesia (periode empat tahun terakhir)
Berikut outline dan penjelasan detailnya:
1) Riset Pasar dan Data Outlook Kosmetik 2009-2017 (Top 10 Perusahaan Kosmetik di Indonesia) ini dirilis per Oktober 2016 menampilkan riset independen, data, analisis, kajian, dan outlook
mengenai proyeksi pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia, peta
persaingan, highlights dan profil ringkas pemain-pemain di industri ini,
hingga analisis pangsa pasar sejumlah produk kosmetik dengan tingkat
persaingan paling tinggi.
Riset pasar
ini dimulai dengan menampilkan highlights ekonomi serta pasar
Indonesia, dilengkapi tren konsumen dan tingkat daya beli, serta
segmentasi konsumen kelas menengah di Indonesia. (halaman 2-4)
Pada
halaman 5, disajikan terminologi kosmetik dari bahasa Yunani yang
berarti berhias. Dilanjutkan dengan profil singkat industri kosmetik
nasional pada halaman 6, berisi jumlah perusahaan, jumlah tenaga kerja,
ekspor-impor, serta segmentasi produk kosmetik.
Di
halaman 7, ditampilkan nilai penjualan (market size) industri kosmetik
di Indonesia periode 2009-2015 disertai persentase pertumbuhannya. Duniaindustri.com membuat riset eksklusif pertumbuhan pasar industri kosmetik di Indonesia 2015-2017 pada halaman 8.
Pada halaman 9-11, ditampilkan data top
10 perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia berdasarkan nilai
penjualan, segmen pasar, serta merek dagang (brand) di Indonesia. Data
ini penting sebagai acuan strategi pasar dan peta kompetisi antar merek
kosmetik.
Tak ketinggalan, pada halaman 12, disajikan top 8 produk kosmetik dengan nilai penjualan tertinggi di pasar Indonesia. Data
top 8 merek kosmetik paling laris itu dapat menjadi acuan dan referensi
strategi penjualan yang lebih efektif, baik bagi market leader maupun
new comer.
Pada halaman 13-15, duniaindustri.com
membuat riset pasar terkait pangsa pasar lipstik per merek di
Indonesia, tren pangsa pasar 2010-2015, serta analisis market leader.
Khusus untuk produk bedak, ditampilkan juga pangsa pasar per merek serta
analisis market leader di halaman 16-17.
Selanjutnya,
pada halaman 18-45 merupakan intisari riset ini yang menampilkan market
intelligence terhadap 4 perusahaan market leader di industri kosmetik
di Indonesia. Tinjauan diarahkan pada kinerja keuangan, penjualan per
kategori produk, strategi pemasaran, jaringan distribusi, kapasitas
produksi dan fasilitas pabrik, serta strategi pengembangan produk.
Sebagai tambahan, pada akhir riset ini
ditampilkan tren pertumbuhan pasar kosmetik global periode 2006-2015,
serta top 5 perusahaan kosmetik global dengan nilai penjualannya.
(halaman 46) Sementara segmentasi produk kosmetik terbesar dikelompokkan
menjadi skincase, haircare, make-up, fragrances, hygiene product, dan
lainnya yang dihitung berdasarkan komposisi pasar serta potensi pasar
dari sisi geografis ditampilkan pada halaman 47.
Riset Pasar dan Data Outlook Kosmetik 2009-2017 (Top 10 Perusahaan Kosmetik di Indonesia) sebanyak 48 halaman ini berasal dari riset duniaindustri.com
dengan dukungan data yang berasal dari BPS, Bank Dunia, asosiasi
industri, instansi pemerintah, serta sejumlah perusahaan kosmetik baik
di Indonesia maupun dunia. Indeks data industri merupakan fitur terbaru di duniaindustri.com
yang menampilkan puluhan data pilihan sesuai kebutuhan users. Seluruh
data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah didownload setelah users
melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik beli (purchase), klik
checkout, dan isi form. Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan.(*)
2) Riset Pasar dan Analisis Industri Kosmetik (Tren Pertumbuhan dan 5 Merek Paling Laris) ini dirilis per Juni 2016 menampilkan riset independen, data, analisis, kajian, dan outlook
secara komprehensif terkait seluruh informasi mengenai peta persaingan
di industri kosmetik di Indonesia, mencakup highlights dan profil
ringkas pemain-pemain di industri ini, tren permintaan/kebutuhan
(demand) di pasar lokal, hingga analisis pangsa pasar sejumlah produk
kosmetik dengan tingkat persaingan paling tinggi.
Data ini dimulai
dengan menampilkan highlights ekonomi serta pasar Indonesia, dilengkapi
tren konsumen dan tingkat daya beli. (halaman 2-4)
Pada
halaman 5, disajikan terminologi kosmetik dari bahasa Yunani yang
berarti berhias. Dilanjutkan dengan profil singkat industri kosmetik
nasional pada halaman 6, berisi jumlah perusahaan, jumlah tenaga kerja,
ekspor-impor, serta segmentasi produk kosmetik.
Di
halaman 7, ditampilkan nilai penjualan (market size) industri kosmetik
di Indonesia periode 2009-2015 disertai persentase pertumbuhannya. Data
di halaman 7 dikomparasi dengan pertumbuhan kosmetik (personal care dan
home care) dengan total pertumbuhan industri consumer goods di halaman
8.
Pada halaman 9-11, duniaindustri.com
membuat riset pasar terkait pangsa pasar lipstik per merek di
Indonesia, tren pangsa pasar 2010-2015, serta analisis market leader.
Khusus untuk produk bedak, ditampilkan juga pangsa pasar per merek serta
analisis market leader di halaman 12-13.
Di halaman 14-15, dipaparkan tren penjualan kosmetik secara ritel dan consumer behavioral.
Beranjak
pada halaman 16-44 merupakan intisari riset ini yang menampilkan market
intelligence terhadap 4 perusahaan market leader di industri kosmetik
di Indonesia. Tinjauan diarahkan pada kinerja keuangan, penjualan per
kategori produk, strategi pemasaran, jaringan distribusi, kapasitas
produksi dan fasilitas pabrik, serta strategi pengembangan produk.
Sementara pada akhir riset ini menampilkan 5 merek (top 5) kosmetik dengan nilai penjualan paling tinggi di Indonesia.
Riset Pasar dan Analisis Industri Kosmetik (Tren Pertumbuhan dan 5 Merek Paling Laris) sebanyak 45 halaman ini berasal dari riset duniaindustri.com dengan dukungan data yang berasal dari BPS, WHO dan Bank Dunia, serta sejumlah perusahaan kosmetik di Indonesia. Indeks data industri
merupakan fitur terbaru di duniaindustri.com yang menampilkan puluhan
data pilihan sesuai kebutuhan users. Seluruh data disajikan dalam bentuk
pdf sehingga mudah didownload setelah users melakukan proses sesuai
prosedur, yakni klik beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan. Terima kasih.(*)
2) Data Pasar Kosmetik Indonesia (periode empat tahun terakhir)
ini menggambarkan tren pertumbuhan pasar kosmetik di Indonesia beserta
nilai pasarnya dalam periode empat tahun terakhir. Data ini berasal dari
asosiasi industri dan Kementerian Perindustrian yang dikompilasi oleh duniaindustri.com.(*)
Baca selengkapnya di sini
*Cari data yang lebih spesifik, ingin request data/riset pasar, klik di sini
** Butuh riset pasar lainnya, klik di sini
sangat berguna untuk acuan strategi pemasaran
BalasHapus